5 Panduan Sehat untuk Turunkan Resiko Demensia

5 Panduan Sehat untuk Turunkan Resiko Demensia

5 Panduan Sehat untuk Turunkan Resiko Demensia – Demensia sebagai salah satunya penyakit yang memberikan ancaman kesehatan beberapa orang khususnya pada lanjut usia. Penyakit ini dapat memberikan ancaman keadaan otak seorang khususnya pada umur di atas 65 tahun.

Walaupun penyakit ini lebih banyak serang seorang yang berumur lanjut, tetapi bisa ini dirasakan oleh mereka yang lebih muda. Di saat ini, makin beberapa orang yang alami penyakit ini saat sebelum berumur 60 tahun.

Demensia sendiri dengan singkat ialah masalah ingatan periode pendek yang serang manusia. Pada umumnya, demensia akan serang mereka yang berumur tua karena sel otak yang sudah kedaluwarsa kehilangan kekuatannya.

Selain umur, demensia bisa juga dikarenakan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti rutinitas merokok, mengonsumsi minuman mengandung alkohol, sampai depresi. Pola hidup jadi aspek khusus pada ini.

Untuk turunkan resiko demensia ini, penting lakukan pengubahan pola hidup. Berikut 5 panduan sehat untuk turunkan resiko demensia.

Skema Makan

Skema makan yang pas menjadi langkah terbaik untuk mengurunkan resiko demensia. Kamu dianjurkan untuk konsumsi buah, sayur, ikan, beberapa bijian, minyak zaitun dan beberapa makanan sehat lain sambil kurangi konsumsi makanan buatan, gula, produks olahan susu, dan daging merah. Tipe makanan ini dapat tingkatkan kesehatan otak dan turunkan resiko demensia.

Hubungan Sosial

Seorang yang banyak habiskan waktu bersama rekan dan keluarga mempunyai resiko demensia yang lebih rendah. Riset memperlihatkan jika hati kesepian dan terkucil dapat tingkatkan pengurangan kognitif sampai 26 %.

Kesehatan Psikis

“Riset mengatakan jika rutinitas pada separuh baya atau umur lanjur terkait dengan melambannya pengurangan kognitif,” jelas Yuko Haran, kepala sisi penuaan dan penangkalan Alzheimer’s di Alzheimers Drug Discovery Foundation.

Ahli merekomendasikan supaya seorang untuk selalu belajar seperti bahasa baru dan alat musik untuk tingkatkan kesehatan otak. Beraktivitas kognitif dapat menolong menghindar Alzheimer’s dan demensia.

Olahraga

Minimnya rutinitas setiap hari bisa saja salah satunya factor yang paling berperanan pada timbulnya demensia. Sebuah riset di Swedia mengutarakan jika olahraga secara prospektif dapat turunkan resiko demensia dengan kurangi preradangan akut dan tingkatkan protein yang menyangga sel otak.

Faedah ini bisa juga didapat dalam jumlah olahraga yang sedikit. Periset merekomendasikan olahraga enteng seperti jalan atau naik sepeda sepanjang 30 menit sekitar 3 sampai 5x per minggu.

Depresi dan Tidur

Minimnya tidur dan tingginya depresi terkait dengan timbulnya permasalahan daya ingat. Periset merekomendasikan untuk tidur sepanjang tujuh sampai delapan jam tiap malam dan beraktivitas yang menjernihkan pemikiran.

Bermacam rutinitas itu bisa saja langkah gampang yang dilaksanakan untuk turunkan resiko demensia. Ini bagus untuk menahan berlangsungnya permasalahan kesehatan lain dan jaga kesehatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*