7 Dampak Samping yang Normal Ada dari Vaksinasi COVID-19

7 Dampak Samping yang Normal Ada dari Vaksinasi COVID-19

7 Dampak Samping yang Normal Ada dari Vaksinasi COVID-19 – Selesai Mendapat vaksinasi COVID-19, ada beberapa efek yang kemungkinan dirasakan seorang. Pada dasarnya, ada banyak efek yang kemungkinan ada.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, pada umumnya efek dari vaksin yang ada dapat bermacam dan biasanya memiliki sifat sementara dan enteng. Pada sebagian orang, efek ini bahkan juga tidak tampil.

Efek enteng yang kerap ada dapat berbentuk demam, ngilu otot, dan ruam pada sisa suntikan. Walaupun demikian, tidak tutup peluang timbulnya efek lain.

Timbulnya beberapa efek dari vaksinasi ini sesungguhnya bukan hal yang penting kamu takuti. Ini khususnya saat efek itu umum dirasakan oleh beberapa orang.

Efek yang memiliki sifat normal sebagai hal yang biasa terjadi dan sebagai pertanda vaksin sedang bekerja. Dikutip dari The Healthy, berikut beberapa efek yang kemungkinan ada dari pemberian vaksinasi COVID-19.

1. Lengan Linu

Salah satunya dampak yang terbanyak ada dari pemberian vaksinasi ialah rasa linu dan nyeri di sisa suntikan. Pada sebagian orang, keadaan ini dibarengi dengan kemerahan dan lebam di titik suntikan.

Untuk tangani permasalahan ini kamu dapat mengompresnya dengan suatu hal yang dingin seperti kain yang dipendam air atau es. Ini dapat menurunkan rasa nyeri dan kurangi lebam yang ada.

Demam dan Kecapekan

2. Demam

Demam sebagai efek yang lain kemungkinan dirasakan sesudah pemberian vaksinasi. Ini kemungkinan ada karena mekanisme ketahanan tubuh yang bekerja dan mengenal vaksin sebagai benda asing yang ada ke badan.

Demam ini biasanya akan surut sendirinya sesudah satu sampai 2 hari. Dianjurkan untuk istirahat dan banyak minum air saat kamu alami efek berbentuk demam ini.

3. Kecapekan

Timbulnya rasa capek serta sampai mengantuk sebagai hal yang lain kerap ada sesudah vaksinasi. Ini umumnya ada sepanjang hari dan dapat ditangani dengan beberapa istirahat dan tidur.

Sakit Kepala dan Mual

4. Sakit Kepala

Sakit di kepala sebagai efek yang banyak disampaikan terjadi sesudah pemberian vaksinasi COVID-19. Untuk menanganinya, kamu cukup konsumsi beberapa obat sakit di kepala yang dapat dibeli ke toko.

5. Mual

Rasa mual bisa juga ada selesai terima vaksinasi COVID-19. Konsumsi air yang cukup dibarengi istirahat atau bahkan juga obat menjadi jalan keluar untuk efek ini.

Ngilu Otot dan Pembesaran Kelenjar Getah Bening

6. Ngilu Otot

Ngilu otot di sekujur badan sebagai efek lain dari vaksinasi COVID-19. Bila ini terjadi, jalan keluarnya ialah istirahat atau konsumsi obat penurun sakit yang serupa seperti saat kamu alami sakit di kepala.

7. Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Walaupun cukup jarang ada, efek ini kemungkinan ada dan termasuk normal. Keadaan ini dapat terjadi sepanjang beberapa minggu dan dapat ditangani dengan memakai obat atau cukup didiamkan saja sepanjang beberapa saat sampai menjadi kecil sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*