Kurang Minum Air Saat Buka Puasa Dapat Buat Berat Tubuh Jadi Naik

Kurang Minum Air Saat Buka Puasa Dapat Buat Berat Tubuh Jadi Naik

Kurang Minum Air Saat Buka Puasa Dapat Buat Berat Tubuh Jadi Naik – Di saat waktu berbuka puasa datang, kita selalu ingin menggagalkan puasa dengan minuman yang manis, dingin, dan beri kesegaran. Tetapi rutinitas yang membuat kita kurang minum air putih ini mempunyai imbas periode pendek yang beresiko.

Ketua Indonesia Hydration Working Grup, Dr dr Diana Sunardi M.Nutrisi SpGK juga mengingati jika umumnya konsumsi gula dibandingkan air putih, dapat buat berat tubuh naik dan mekanisme hormonal di badan jadi terusik.

Gula yang ada di minuman makanan manis semestinya dipakai badan untuk sumber energi. Saat gula itu tidak dipakai secara baik karena minimnya gerak atau rutinitas fisik, pelan-pelan akan diganti jadi lemak.

Saat lemak menimbun pada tubuh, dampak yang paling terlihat ialah tambahan berat tubuh.

“Karena itu ada yang sepanjang bulan puasa malah berat tubuhnya semakin bertambah,” Kata Diana Sunardi dalam seminar-online ‘Melindungi Diri dan Capai Kemenangan Bersama Aqua’ baru saja ini.

Selanjutnya, kelebihan gula atau karbohidrat simpel akan mengusik mekanisme hormonal pada tubuh, yakni hormon insulin yang mengurus gula pada tubuh kita.

“Kelak bisa saja diabetes,” ia mengutamakan.

Tidak dapat disangkal jika gula dan gorengan sebagai bujukan puasa. Tetapi, perlu dikenang jika gorengan juga sumber lemak.

Biarlah kurang minum air putih, ditambahkan cuman konsumsi yang manis dan gorengan, tidak boleh terkejut jika di pengujung Ramadan memiliki masalah dengan berat tubuh.

Keutamaan Air Putih

Diana Sunardi, menambah, badan manusia perlu air agar dapat mentransportasikan oksigen ke semua badan terhitung ke jantung dan otak, dan mentransportasikan beberapa zat nutrisi.

“Jika kekurangan air, tentu saja kelak organ-organ badannya akan terusik,” katanya.

Memanglah tidak salah buka puasa sama yang manis-manis, kata Diana Sunardi. Namun tentu saja harus terbatasi karena Sunnah Nabi juga menyarankan cuman konsumsi tiga biji kurma dan satu gelas air putih.

“Itu sangat bagus karena badan kita cuman perlu sedikit, sebentar, untuk mentralisir yang kemungkinan kita kekurangan saat berpuasa. Selebihnya harus pelan-pelan dan tidak terlalu berlebih. Agar lambungnya menyesuaikan dahulu, agar tidak terkejut,” pungkas Diana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*